Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Membangun Desa Bersama : Suksesnya Sinergi Antara Praja IPDN, Universitas, dan Masyarakat Desa Cibeber

Kepala Desa Cibeber Asep Anwar Sadat mengingatkan pentingnya membangun sinergi dan solidaritas dalam pelaksanaan pengabdian di tengah-tengah masyarakat. Pemancingan Cekdam Desa Cibeber menjadi titik berkumpulnya para pemuda yang terdiri dari Praja IPDN, mahasiswa trisakti, dan mahasiswa STAI Riyadhul Jannah bersama dengan masyarakat Desa Cibeber. Dalam kesempatan ini Kepala Desa Cibeber menyambut baik kedatangan pemuda di Desa Cibeber. Selain untuk melakukan pertemuan, acara ini dibuat untuk melaksanakan rapat koordinasi dan mapping guna menentukan program Desa Cibeber . Menurutnya, sinergi yang baik antara semua pihak tersebut akan berkontribusi positif terhadap kemajuan di Desa Cibeber. Untuk membaurkan Praja IPDN , mahasiswa trisakti, dan mahasiswa STAI Riyadhul Jannah bersama dengan masyarakat Desa Cibeber, dilaksanakan mancing bersama yang dilanjutkan makan siang bersama-sama dengan tradisi “liwetan” yang dialaskan daun pisang dan lauk ikan hasil memancing bersama-sama.  Setelah kegiatan makan siang, dilanjutkan dengan sambutan kepala desa dilanjut rapat koordinasi antara Praja IPDN, mahasiswa trisakti, dan mahasiswa STAI Riyadhul Jannah bersama dengan masyarakat Desa Cibeber. Bapak Kepala desa berpesan agar Praja IPDN, mahasiswa trisakti, dan mahasiswa STAI Riyadhul Jannah bersama dengan masyarakat Desa Cibeber dapat berkolaborasi dengan baik guna menyelesaikan tugas dalam kedatangannya di desa cibeber ini. Dalam hal ini kepala Desa Cibeber mendukung penuh untuk kelancaran program yang telah dijalankan sebelumya dan dapat melaksanakan launching wisata baru di desa cibeber dengan secepatnya. Hal ini dilakukan agar masyarakat Desa Cibeber memiliki pengasilan tambahan dan menjadikan Desa Cibeber sebagai desa wisata.  Dalam waktu dekat ini, desa cibeber akan segera melakukan launching wisata yang berupa paket tour, dimana diharapkan bahwa wisata yang ada di Desa Cibeber bukan hanya sekedar wisata alam, melainkan wisata edukasi terutama dalam ekowisata manggis.  Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dan solusi kreatif untuk memajukan desa, selain itu bapak kepala desa juga mengajak dan terus memotivasi seluruh masyarakat Desa Cibeber untuk mendukung program desa wisata. Dengan bersatu, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat nyata dari kolaborasi ini dan melihat perubahan yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

HEBOH!! KEDATANGAN 7 PRAJA IPDN MENGGEMPARKAN WARGA DESA CIBEBER KECAMATAN KIARAPEDES

Pada hari Selasa [05/09/2023] sebanyak 1090 Praja IPDN tingkat IV telah diamanatkan untuk melaksanakan Bhakti Karya Praja (BKP) di 138 desa yang tersebar di Kabupaten Purwakarta. Sesuai dengan amanat Bupati Purwakarta, Kegiatan Bhakti Karya Praja ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan database desa melalui WEBDESAKU untuk percepatan Pembangunan desa di Kabupaten Purwakarta sebagai bentuk pengabdian praja kepada Masyarakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 5 hingga 18 September tahun 2023. Desa Cibeber yang berada di Kecamatan Kiarapedes juga menjadi salah satu desa yang menjadi lokus pengabdian praja. Penerimaan praja di desa Cibeber disambut begitu hangat oleh seluruh perangkat desa maupun lapisan Masyarakat. Pada hari Rabu [06/09/2023] sebanyak 7 Praja IPDN telah diterima baik oleh Kepala Desa Cibeber, Bapak Asep Anwar Sadat SH, Sekretaris Desa, dan seluruh perangkat desa bertempat di Kantor Kepala Desa Cibeber. Dalam penerimaan ini, praja IPDN juga sekaligus menerima berbagai pengarahan oleh Bapak Kepala Desa mengenai gambaran umum pengenalan lingkungan desa, permasalahan yang terjadi di desa, serta berbagai potensi wisata dan umkm yang berkembang di desa Cibeber. Dalam kesempatan ini juga, praja IPDN menuturkan maksud dan tujuan pelaksanaan Bhakti Karya Praja guna menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Cibeber terutama yang menjadi fokus yaitu database, selain itu juga diharapkan melalui platform WEBDESAKU dapat memperkenalkan desa Cibeber ke masyarakat yang lebih luas lagi. “Semoga dalam kegiatan Bhakti Karya Praja ini juga dapat dijadikan sebagai sarana transfer ilmu antara praja IPDN dengan perangkat desa agar senantiasa dapat mewujudkan tata kelola desa yang lebih baik ” ucap Bapak Kepala Desa Cibeber.

Pelatihan Jurnalistik terhadap Opdes Desa Sekabupaten Purwakarta

Aula Maya Datar salah satu Tempat yang berada di Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta,pada hari ini selasa 09 Agustus 2022 Pemerintah Kabupaten Purwakarta melaksanakan pelatihan Webdesa sekaligus pelatihan jurnalistik yang dipimpin oleh Bpk Adi Kurniawan Tarigan selaku narasumber dari  Pers.beliau mengatakan penulisan Berita harus berpedoman pada 5W+1H dan cara penulisanpun harus sesuai EYD,dalam penjelasan yang disampaikan jangan sampai dalam menulis berita telalu mendayu-dayu dan harus jelas apa yang akan diberitakan,terutama dalam pemilihan judul harus menarik. (ujar Pak Tarigan). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memaksimalkan program yang ada di Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang di ikuti oleh seluruh Desa yang ada di Kabupaten Purwakarta dan pesertanya dari masing-masing Operator Desa.

Sosialisasi bersama Diskominfo Purwakarta

Tekhnolaogi Informasi merupakan suatu kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat pada saat ini. sehubungan hal tersebut maka pemerintah desa harus mensikapi dengan pelayanan berbasis digital. Kabupaten Purwakarta menyikapi pelayanan berbasis digital Kabupaten Purwakarta mengembangkan website Desa dengan menggabungkan antara lapak online dengan profile desa, informasi wisata dan layanan desa lainnya. Pada Kamis Pagi tanggal 06 Agustus 2020 bertempat di Aula Kecamatan Kiarapedes telah dilakukan sosialisasi penggunaan website desa yang diikuti oleh seluruh Operator Desa di Kecamatan Kiarapedes. "web desa ini sangat bermanfaat bagi warga di Kabupaten Purwakarta Khususnya di kecamatan Kiaapedes karena dapat mengangkat produk unggulan yang ada di desa tersebut" demikian ujar Ratna Mustika Sekdis Diskominfo.